h1

Setetes darah kita adalah nyawa bagi seseorang

Februari 9, 2009

Slogan diatas pasti uda sering kita denger… Yup, bener banget itu slogannya PMI yang tugasnya mengkoordinir kegiatan Donor Darah (transfusi darah). Klo kita punya jiwa sosial n kondisi tubuh memungkinkan untuk donor darah, kenapa ga… (asal ga takut sama jarum suntik yang ukurannya lumayan gede loh, ga ky jarum suntik biasanya). Tapi darah kita yang diambil bukan cm setetes, tapi sekantong plastik kurang lebih ukurannya 300 cc hehe..

Tapi klo dalam kondisi mendesak, misalnya ada keluarga yang tiba2 butuh darah secepatnya, pasti deh rasa takut sama jarum suntik bakal hilang coz yang ada di kepala cm pingin keluarga kita selamat.

Ada beberapa ketentuan untuk bisa ikutan donor darah :
– umur max 60 th
– berat badan min 45 kg
– tensi darah min 110
– tidak memiliki alergi
– tidak mengkonsumsi antibiotik
– kondisi badan sehat
– tidak memiliki penyakit menular seperti hepatitis n AIDS
Darah yang didonorkan akan dites terlebih dahulu sebelum dinyatakan aman untuk ditransfusikan ke pasien.

Cek kesehatan sebelum donor

Cek kesehatan sebelum donor (Komo dicek camer)

Bertepatan dengan ulang tahun Dharma Kanthi (Perkumpulan Warga Sangsit di Denpasar n Badung) panitia menyelenggarakan acara donor darah untuk pertama kalinya, mudah2an tahun depan bisa berlanjut terus. Sayangnya Ayu ga bisa ikutan donor coz tensi darah Ayu rendah (syukur ada alasan, padahal aslinya takut jarum suntik hehehe), tapi Ayu uda diwakilin sama Komo (padahal bukan warga Sangsit) n Kakak Ayu, kebetulan yang jadi dokter jaganya Bapak Ayu ndiri..

Pengambilan darah

Pengambilan darah

Tinggalkan komentar